barisan pion

Barisan pioner

Sahabat, jangan kecil hati bila dirimu kecil, atau dalam keterbatasan, atau dalam kekurangan lainnya. Karena setiap kekurangan kita, Allah melebihi sesuatu yang baik dan mulia. Sahabat, belajarlah dari barisan pion. Ya, pion adalah salah satu atribut dari permainan catur. Sering mungkin seorang pemain (player) mengabaikan sebuah pion ini dalam mengatur strategi. Pion bisa dikatakan benda maupun prajurit yang paling kecil dan geraknya terbatas. Namun geraknya itu hampir sama dengan gerak raja. Hanya saja raja bisa bergerak serong dan mundur. Sedangkan pion sendiri tidak boleh mundur dalam aturan mainnya. Dan serong hanya sebatas serangan. Ayah mengajarkanku bermain catur sejak dari SD. Boleh jadi aku (seorang adik) pemain catur dengan kakak-kakak dan ayahnya. Aku sering kalah dalam permainan ini. Bahkan dengan emosi yang masih kecil aku sering kesal. Kata kakak, "kan ini hanya permainan dik". Suatu hari tiada lawan yang aku dapati. Dalam kesendirian bermain, aku mengotak-atik papan catur. Tiba-tiba pion itu seolah berkata.

Ini aku... 
Mungkin aku hanya pion
Yang hanya berjalan satu langkah
Perlahan maju hanya satu kotak hitamputih bumi catur
Kadang aku hanya menjadi penghambat jalan , bagi pasukanku maupun pasukan lawan
Kadang aku hanya sebagai umpan
Aku mudah dimangsa lawan
Seringkali kuda itu meloncatiku
Kadang, pemimpinkupun mengabaikanku
Karena aku hanya pion
Yang hanya bisa menyerang satu serongan, dan tidak bisa menyerang ke belakang
Tapi....
Aku pion
Benteng, kuda, bahkan raja pun takut jika menghampiriku
Aku barisan terdepan
Aku pasukan pantang mundur
Aku pantang menoleh kebelakang, aku si penatap masadepan
Aku si pembuka jalan
Aku bisa memangsa siapa saja
Aku perlindungan utama kekerajaan
Lihatlah barisan lawan , mereka kocar kacir atas kedatanganku
Karena, jika sampai batasnya 
aku bisa menjelma menjadi petinggi kerajaan


Comments

Popular posts from this blog

Peta Administrasi Kab. LimaPuluh Kota

Air Terjun Lubuk Minturun

Peta Lokasi Air Terjun Lubuak Bulan