Air Terjun Lubuk Minturun

Pada tanggal 21 Mei 2015, kelompok mata kuliah geografi pariwisata Danil, Fajar, dan Dini melakukan observasi ke Air terjun (katanya 7 tingkat) Lubuk Minturun. Melepas penasaranpun saya ikut dengan anggota dan beberapa teman lainnya menuju air terjun ini. Kami berangkat setelah zuhur, dan tiba di lokasi mencapai waktu kira-kira 43 menit. Air terjun ini berada pada   0°47'43.02"LS dan 100°25'7.76"BT
Gambar 1. Peta Perjalanan Dari jl.Hamka (UNP) Air  Tawar Padang, Menuju Lubuak Minturun 
Kira-kira Sejauh +- 15.6 km

Gambar 2. Peta menuju air terjun lubuk minturun dari tempat parkir.
Dari Tempat parkir menuju air terjun lubuak minturun terdapat sekitar 0.51 km, dengan ketinggian akhir (kira-kira)  +_ 400 meter dari permukaan laut (mdpl)

Objek wista air terjun ini masih asri dan pengelolaannya beradapada masyarakat sekitar. Adapun untuk masuk ke lokasi air terjun ini dikenai Rp.3000,- per orang dengan biaya parkir Rp.2000,- per motor. Dari parkir menuju air terjun ini (berjalan) dan dapat menempuh  kira-kira 21 menit. Dalam perjalanan kita akan melewati sungai, dan bendungan yang telah di renovasi. Hingga berbatuan yang besar sebelum titik air terjun itu.

Seperti gambar (foto) di atas dapat terlihat bahwa lingkungan alam yang masih hijau dan akses yang mungkin sedikit berbatu (sulit) , namun sangat menyenangkan. Tempat mengalir air terjun terdapat sungai yang panjang tentunya bermuara ke laut. Dibawah air terjun ini terdapat kolam yang bisa digunakan untuk mandi bagi adrenalin yang kuat.

Comments

Popular posts from this blog

Peta Administrasi Kab. LimaPuluh Kota

Peta Lokasi Air Terjun Lubuak Bulan