Peran Masyarakat dalam Pariwisata
Salah satu peranan penting dalam meningkatkan ekonomi suatu daerah
maupun negara adalah Pariwisata. Pariwisata pada suatu daerah mempunyai daya
tarik tersendiri bagi peminat untuk mengunjungi daerah tersebut.
Adapun
efek besar bagi negara yaitu datangnya turis asing dari luar negeri yang akan
menambah devisa negara. Karena itu promosi negara sebagai tempat pariwisata
penting adanya zaman modern saat ini. Dimana kita telah mengetahui bahwa
Indonesia mempunyai sumberdaya alam yang layak lingkungan untuk dijadikan
pariwisata. Jika saja objek alam sebagai pariwisata Indonesia ini dikembangkan
dengan baik tentu mempunyai daya jual yang tinggi di mata internasional.
Peranan masyarakat dalam pengembangan dan
meningkatkan daya tarik suatu objek pariwisata tentu sangat berpengaruh dalam
peningkatan pengunjung pada suatu daerah tersebut. Apabila suatu masyarakat
pada suatu daerah tertentu tidak memperdulikan objek yang ada untuk pariwisata,
maka tentu objek pariwisata tersebut kurang bahkan menghambat perkembangan pada
objek pariwisata tersebut. Contohnya jika suatu objek wisata dibiarkan sampah
berserakan, artinya peranan masyarakat dalam membersihkan lingkungan tidak ada,
atau suatu objek pariwisata tersebut tidak dirawat flora dann faunanya, tentu
daya tarik pagi wisatawan akan berkurang. Dan pada contoh diatas tidak lepas
dari peranan dan aktivitas pemerintah untuk pengembangan daerah pariwisata yang
ada pada suatu daerah.
Adapun
peranan masyarakat dalam pengembangan pariwisata dapat disimpulkan dalam
bebrapa poin sebagai berikut:
a. Menjaga
Kelestarian Lingkungan
Dalam menjaga kelestarian lingkungan,
perlu bagi masyarakat sebagai tugas perdana yaitu gotong royong dalam
membersihkan dan melestarikan lingkungan. Karena bagi pengunjung bersih juga
indah merupakan kenyamanan dan keindahan yang merupakan suatu hal penting untuk
diminati wisatawan.
b. Ikut serta
dalam fasilitas pariwisata
Dalam pariwisata perlu fasilitas maupun
produk pariwisata. Contohnya adanya market, cendramata, jasa boga seperti
makanan, hotel untuk penginapan, jasa pemandu, dan lain-lain. Dari contoh
fasilitas di atas, suatu industri pariwisata memerlukan karyawan ataupun
pegawai untuk memenuhi permintaan fasilitas seperti diatas. Jika dalam
penginapan misalnya tidak mempunyai karyawan, maka akan sulit untuk melanjutkan
suatu proses dalam industri pariwisata. Karena sumbedaya manusia dalam
pariwisata berperan untuk melayani pengunjung dengan ramah serta menjaga
keakraban dengan pengunjung supaya mendapat daya tarik yang lebih baik untuk
peminat wisata kedepannya.
c. Promosi
Langkah yang paling berpengaruh yaitu promosi.
Promsi dapat dilakukan dalam berbagai bentuk antara lain: foto, suatu foto di
sosial media atau media maya dapat menigkatkan daya tarik bagi suatu daerah
pariwisata. Icon pariwisata seperti jam gadang di bukittinggi, monumen nasional
di Jakarta, menara kembar di Malaysia, menara eifel di Paris, dll merupakan
suatu objek yang dapat menjadi profil ataupun icon bagi daerah pariwisata. Icon
tersebut akan mengundang penasaran dan peminat wisatawan. Adanya label
pariwisata seperti visit Malaysia 2014, Solo the spirit of java, BukitTinggi the dreamland of Sumatera,
dll. Merupakan salah satu cara terdepan untuk mempromosikan daerah pariwisata
tersebut. Dengan rangkaian hanya beberapa kata seperti itu suatu daerah
pariwisata akan mempunyai daya jual yang bisa menjadi daya tarik wisatawan dengan
adanya promosi label pariwisata.
Comments
Post a Comment